Sabtu, 27 Juli 2013

Sticker Label kertas (Chromo)

Sticker Label kertas (Chromo)

 

Sticker label biasanya memiliki garis potong / die cut yang tidak terlalu rumit, tetapi sticker label biasanya diproduksi dalam jumlah banyak, jadi akan tidak efektif jika diproduksi dengan cutting sticker, Print n cut, apalagi, potong manual dengan tangan. Maka kebanyakan sticker label diproduksi layaknya kartu nama (dengan die cut)





Dicetak dengan metode Offset dan die cut dilakukan dengan metode punch (biasa dikenal dengan istilah pond)

Berikut langkah-langkah Produksinya:

  1. Siapkan file Image / vektor yang akan dicetak,
  2. jika berupa Bitmap usahakan memiliki resolusi 300 dpi atau lebih pada skala 1:1.
  3. Pastikan gambar yang akan dicetak pada mode CMYK atau dipisah per warna jika menggunakan warna khusus
  4. cetak / print output film  / plat CTP perwarna atau CMYK, jika menggunakan CTP, tentukan terlebih dulu dengan mesin apa kita akan mencetak.
  5. beli bahan sticker chromo di toko kertas yang memang khusus menjual bahan-bahan untuk offset printing, potong sesuai keperluan biasanya 2 / 3 cm lebih besar dari cetakan yang akan tercetak.
  6. bawa plat / film serta bahan sticker chromo ke tempat cetak, pilihlah mesin sesuai keperluan (budget dan kualitas), biasanya tidak semua tempat cetakan menerima ongkos cetak menggunakan bahan sticker chromo, dan jika ada biasanya ongkos cetaknya lebih mahal dari cetak dengan bahan kertas lainnya.
  7.  jelaskan secara detail tentang cetakan yang akan dicetak kepada penerima plat / film,
  8.  biasanya si penerima plat / film menawarkan opsi untuk approval, yaitu melihat langsung proses cetak sehingga kita menjelaskan langsung kepada operator cetak seperti apa warna yang kita inginkan, 
  9. akan lebih baik jika kita mencetak dahulu file yang akan dicetak pada mecin cetak digital A3+, sebagai panduan warna.
  10. Sementara menunggu antrian cetak, kita dapat memesan pisau pond (punch) sesuai keinginan kita ke penyedia jasa pembuatan piso pond, kita dapat memberikan panduan berupa film / gambar yang kita print di printer digital A3+
  11. Setelah sticker selesai dicetak, akan lebih baik jika sticker dilaminating / vernish agar tampilannya lebih baik di tempat yang menyediakan jasa laminating / vernish, tentukan jenis laminating gloss, doff, atau vernish
  12. bawa hasil cetak beserta piso pond ke tempat pond (penyedia jasa Punch / die cut), berikan contoh hasil yang diinginkan, minta setengah putus, jadi yang terpotong hanya sticker bagian depan, dan kertas pelapis belakangnya masih tetap utuh
  13. Sticker siap ditempel.
Berikut salah satu lokasi sentra percetakan offset, silakan bertanya ke orang-orang di sana, di mana saja tempat-tempat produksi di atas, usahakan jangan menunjukkan gambar yang akan kita cetak.
























Terimakasih telah membaca

Kami
SIMPRUG MEDIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik selalu memberikan komentar yang baik

Terimakasih Atas Kunjungannya